Info Catatan Terkini Yang Selalu Update

Senin, 07 Oktober 2019

Konsumsi Mi Godog atau Instan, Mana yang Lebih Sehat?

Mengonsumsi mi tetap jadi pilihan warga, tidak hanya jadi karbohidrat alternatif nasi, mi dapat juga diproses serta ditambah lagi beberapa topping sayuran, daging sampai telur.

Satu diantara olahan mi yang disukai warga ialah mi godog. Kuliner ciri khas Jateng ini banyak menjamur di jajanan kaki lima.



Mi godog memakai mi basah yang dibuat dengan kaldu asli serta ayam kampung, diluar itu ada rempah-rempah seperti lada, bawang putih serta rempah sehat yang lain. Belum juga pemakaian telur bebek yang digabung dalam kuah membuat mi godog lebih gurih. Tidak itu saja, beberapa warung mi godog ada yang masih menjaga adat asli memakai kompor arang untuk memasak.

Hidangan mi godog yang kaya topping sayur dipercaya warga kaya nutrisi buat badan, apakah benar mi godog lebih sehat dari olahan mi yang lain?

Spesialis Gizi Klinis Verawati Sudarma, SpGK menjelaskan kandungan gizi komplet mi godog nyatanya cuma mitos. "Proporsinya harus disaksikan dahulu. Jika bicara kandungan gizi umumnya mi godog yang biasa dibeli itu berapakah banyak sich jumlahnya sayurannya dibandingkan bagian mi tersebut," katanya dalam siaran Mari Hidup Sehat di tvOne Kamis 18 Juli 2019.

Dia meyebutkan jika tidak hanya kandungan serat dari sayur, kandungan protein olahan mi godog pun tidak begitu tinggi. "Umumnya proteinnya tidak kebanyakan, cuma beberapa potong daging, atau bahkan juga daging olahan," katanya.

Pembagian yang sehat menurut dia pada sebuah piring, jumlahnya sayuran minimum 1/3 jumlahnya karbohidrat (mi atau nasi). "Olahan mi dapat 2,5 kali nasi, kalorinya dapat sampai 500," tuturnya.

Walau tidak sehat, tetapi mengonsumsi mi godog menurut dia lebih baik dari mengonsumsi mi instant yang penyajiannya seringkali tanpa ada sayuran. "60 % yang mengonsumsi mi instant itu langsung dikonsumsi tanpa ada sayur. Jika mi godog kan didalamnya masih ada sayur. Walau dikit masih ada kandungan vitamin, mineral serta proteinnya."

Selanjutnya untuk, memperoleh ukuran mi godog yang sehat Vera menyarankan semestinya mengonsumsi serta masak sendiri dengan proses yang sehat.

"Pembagian sayur, daging serta mi harus imbang, diluar itu kurangi pemakaian minyak serta proses masak yang kelamaan untuk jaga kandungan gizinya." (nda)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog