Info Catatan Terkini Yang Selalu Update

Selasa, 03 September 2019

Ayah Bunda Perlu Tahu, Inilah 5 Tips Mendidik Anak di Rumah!


Semua orang tua adalah pendidik bagi anaknya meskipun tidak berprofesi sebagai guru. Sejak anak Anda lahir hingga ia dewasa bahkan berkeluarga, peran orang tua tetap tidak berubah, yakni sebagai pendidik yang baik dalam hidupnya. Berbicara mengenai pendidik, anak-anak biasanya menyukai guru yang nyaman dan sangat memahaminya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda dapat mengikutsertakan ia ke dalam les anak.



Melalui les ini diharapkan ia berkembang lebih cepat daripada yang Anda perkirakan akan tercapai dengan mudah.

Tips Mendidik Anak di Rumah

Pendidikan di rumah dapat dikatakan lebih penting daripada di sekolah. Kenapa? Karena orang tua adalah orang pertama yang anak kenali. Kemudian ia masuk lingkungan sekolah yang notabene heterogen. Di sekolah, ia belajar berbagai ilmu pengetahuan yang mungkin saja belum ia mengerti secara keseluruhan.

Nah, dalam kondisi seperti inilah peran orang tua sangat dibutuhkan, yakni mengulas kembali pelajaran yang dipelajari di sekolah. Apabila Anda merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan, yuk simak tips mendidik anak di rumah di bawah ini!

  1. Beri Pengertian tentang Keutamaan Belajar Pemahaman
Hafalan menjadi salah satu metode yang dilakukan anak-anak saat awal mengikuti kegiatan sekolah. Berilah pengertian kepada anak Anda tentang metode ini, bahwa keutamaan belajar pemahaman lebih penting daripada hafalan.

Anda bisa sambil berdiskusi dengan anak tentang suatu masalah, agar ia memiliki kecenderungan pemahaman yang lebih tinggi daripada hafalan yang hanya mengandalkan kekuatan ingatan.

  1. Tandai Kesalahan atau Pelajaran yang Belum Dipahami
Instruksikan anak Anda untuk mencatat atau menandai kesalahan dan pelajaran yang belum dipahami saat menerima materi dari gurunya di sekolah. Hal ini menjadi sangat penting karena dapat memudahkan Anda dalam membimbingnya belajar saat berada di rumah. Kemudian, Anda juga dapat memahami sedikit demi sedikit apa yang dimaksudkan gurunya tentang suatu pembahasan.

  1. Beri Kebebasan untuk Menyampaikan Pendapat, Berbicara, dan Bergaul
Berbaur dengan berbagai elemen masyarakat merupakan sebuah keterampilan hidup yang penting. Mengapa demikian? Karena dapat menyatukan orang-orang dari segala usia dalam sebuah percakapan. Berikan kebebasan kepada anak Anda dalam hal bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Melatih kemampuan menyampaikan pendapat dapat Anda lakukan sejak dini dengan mengikut-sertakan anak ke dalam les gambar. Melalui les gambar, anak dituntut mengekspresikan ide dan kreativitasnya melalui kertas kosong.

  1. Bantu Anak dalam Mengerjakan PR
Kesulitan dalam mengerjakan PR pasti dirasakan semua anak. Nah, saatnya peran orang tua memberi bantuan. Cukup dengan membimbing anak dan memberikan contoh atau cara lain. Upayakan tidak memberi jawaban, biarkan anak Anda menemukan jawabannya sendiri. Melatih anak dalam mengerjakan PR secara mandiri dapat membuatnya berpikir lebih kritis bahkan out of the box.

  1. Ajak Anak Bertamasya
Saat libur sekolah tiba, ajak anak Anda berlibur ke tempat yang sekiranya dapat menambah pengetahuan mereka. Misalnya ke kebun binatang, museum, taman, atau tempat wisata yang lainnya. Jadi, konsepnya belajar sambil bermain. Konsep ini biasanya berhasil mengembangkan kemampuan motorik anak yang baru belajar, karena memberi ruang kebahagiaan kepada anak.

Nah, demikianlah beberapa tips mendidik anak di rumah. Ada satu tips lagi yang mungkin dapat Anda praktekan, yaitu memanfaatkan media sosial untuk les anak. Tujuannya yaitu memperluas dan memperdalam pengetahuan anak Anda.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog