Info Catatan Terkini Yang Selalu Update

Minggu, 22 September 2019

Mau Tahu Kisaran Biaya Service AC Mobil? Berikut Perkiraan Biayanya!


Melakukan service AC mobil secara berkala menjadi langkah terbaik untuk menjaga kinerja AC tetap optimal. Jangan sampai Anda melakukan servis ketika kerusakan AC sudah menumpuk. Namun sebelum melakukan servis, tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis mobil.

Pendingin ruangan alias AC memang sudah menjadi bagian yang tidak lepas dari penggunaan sebuah mobil. Apalagi mobil-mobil di Jakarta dan kota besarnya yang tidak mungkin menggunakan mobil dengan tidak menyalakan AC. Terbayang suhu panas kota Jakarta dengan kemacetan dimana-mana, membuat para pengendara mobil sangat ketergantungan dalam menggunakan AC mobil di sepanjang perjalanan.
Coba saja jika AC di mobil mereka mati, wah, pasti perjalanan akan sangat menyiksa. Keluar mobil dalam keadaan berpeluh keringat dan tidak nyaman dipandang. Kalau sudah seperti itu, sudah saatnya AC mobil Anda diservis. Lantas berapa sih kisaran biaya servis AC mobil?
Kisaran Biaya Service AC Mobil
Bagi Anda yang ingin menyervis mobil keluaran Jepang, Anda bisa tersenyum lega. Entah bagaimana ceritanya, bengkel-bengkel AC mobil biasanya akan mematok tarif  lebih murah untuk mobil keluaran Jepang dibanding dengan mobil keluaran Eropa. Jika mobil adalah mobil keluaran Jepang, kisaran harga untuk servis AC mobil mulai dari 300 ribuan. Namun jika mobil Anda adalah mobil Eropa, makan Anda harus menyiapkan uang di dompet paling tidak 1,2 juta.
Servis yang akan dilakukan biasanya meliputi pembersihan blower, pembersihan kondensor, dan perawatan Evaporator. Pembersihan dilakukan dengan treatment flushing yang dilakukan dengan sebuah mesin yang sudah terkomputerisasi. Mesin ini sangat memudahkan karena tidak perlu bongkar komponen selama pembersihan.
Satu hal yang membuat servis AC mobil keluaran Eropa lebih mahal adalah karena sistem AC yang dimiliki mobil-mobil tersebut sangat kompleks. Tidak heran jika waktu servis pun akan lebih lama, dan estimasi biaya yang dianggarkan pun semakin banyak.
Di bengkel AC mobil, selain Anda bisa melakukan servis mobil secara umum, Anda juga bisa meminta servis AC per komponen. Anda bisa mengecek terlebih dahulu kira-kira komponen mana yang sudah harus diservis. Ada beberapa komponen AC yang bisa diservis perkomponen :
1. Oli kompresor
Servis ini dilakukan untuk memastikan komponen didalamnya yang berupa piston tetap bekerja sesuai dengan yang seharusnya. Logikanya, oli kompresor yang sudah lama akan mengalami penurunan kualitas sehingga sedikit demi sedikit akan kehilangan pelumas, alhasil mengakibatkan piston semakin panas dan kompresor pun tidak mampu bekerja dengan baik. Maka dari itu perlu dilakukan flushing dengan kisaran biaya Rp. 700 ribu.
2. Spare part
Saking lamanya penggunaan AC mobil, biasanya akan membuat spare part AC rentan kerusakan. Penggantian spare part juga sangat diperlukan diperlukan, dan untuk biayanya sendiri sekitar Rp 475 ribu.
3. Magnetic clutch
Komponen ini merupakan komponen penting yang ada di dalam AC untuk menentukan suhu dingin. Seringkali orang mengeluhkan AC tiba-tiba terasa dingin tapi tiba tiba tidak dingin sama sekali. Nah itu artinya Magnetic Clutch sudah harus diganti. Untuk estimasi biaya mengganti komponen ini mulai dari 380 ribuan.
4. Kondensor
Kalau komponen yang satu ini tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup disemprot air kemudian kotoran-kotoran yang menempel akan rontok dengan sendirinya. Namun jika ternyata mengalami penyumbatan maka kondensor harus dikurang dengan freon yang jenisnya R11 juga Nitrogen (n2). Anda harus merogohkan kantong sekitar 175 ribu untuk servis ini.
Nah, ketika ternyata ada kebocoran di kondensor, tak ada perbaikan yang bisa dilakukan karena kondensor bocor itu seringkali karena korosi. Maka dari itu, solusi terakhir adalah mengganti kondensor dengan harga 500 ribu.
Itulah kisaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan service AC mobil. Guna menghindari kerusakan total pada AC mobil, upayakan untuk rajin melakukan servis secara berkala ya!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog