Info Catatan Terkini Yang Selalu Update

Rabu, 18 Maret 2020

Inilah 5 Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi


Lemak merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dimana untuk jenis lemak sendiri ada dua yang dikenal dengan lemak tak jenuh dan lemak jenuh. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang mempunyai manfaat untuk dapat meningkatkan kadar lemak sehat atau HDL di dalam darah. Selain itu manfaat lemak tak jenuh adalah dapat untuk mengurangi kadar lemak tidak baik sehingga dapat untuk menghindari resiko penyakit kolesterol dan juga trigliserida. Lemak jenis ini berasal dari bahan sehat seperti misalnya tumbuhan. Sedangkan untuk lemak selanjutnya yaitu lemak tidak sehat atau lemak yang jenuh. Lemak ini merupakan lemak yang dapat untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah dan bisa berasal dari bahan-bahan seperti hewan, produk susu, dan juga makanan berikut ini yang mengandung banyak lemak tidak sehat:



  1. Susu
Bahan pertama yang terkenal sehat dan juga dibutuhkan untuk pertumbuhan karena mengandung kalsium adalah susu. Minuman ini memang bermanfaat untuk tubuh karena mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat. Akan tetapi efek samping dari susu juga mempunyai kandungan lemak tidak sehat yaitu lemak yang jenuh dengan kadar yang tinggi. Terlebih untuk produk susu sapi olahan seperti yogurt yang dikenal sehat juga mempunyai kandungan jenis lemak ini dalam kadar tinggi. Oleh karena itulah walaupun mempunyai kandungan yang sehat lainnya, usahakan untuk menghindari makanan ini secara berlebihan.

  1. Keju
Jenis makanan selanjutnya yang mempunyai kandungan lemak tak sehat adalah keju. Bahan ini juga mempunyai kandungan tinggi lemak tak jenuh. Walaupun dalam keju juga mengandung kalsium dan protein yang tinggi sehingga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk kandungan protein dan kalsium serta lemak tersebut juga mempunyai kadar yang berbeda-beda tergantung dari keju yang dipilih. Seperti misalnya yang paling tinggi adalah keju jenis cheddar yang merupakan keju paling umum dikonsumsi oleh masyarakat.

  1. Es krim
Minuman selanjutnya yang juga mengandung lemak tidak sehat adalah es krim. Minuman ini merupakan produk olahan susu yang mempunyai rasa lezat dan disukai oleh banyak orang. Kombinasi dari susu, gula dan juga rasa coklat dan tambahan rasa lainnya mempunyai kandungan lemak tak sehat yang sangat tinggi. Sehingga apabila Anda mengkonsumsi es krim secara berlebihan akan dapat berdampak untuk kesehatan karena menumpuknya kadar lemak tidak sehat dalam tubuh.

  1. Mayones
Bahan makanan selanjutnya yang mempunyai rasa enak dan bisa ditemui pada hamburger, pizza, sosis, spagethi, pasta, dan lainnya adalah mayones. Bahan ini mempunyai kandungan kadar lemak yang jenuh tinggi. Dimana pada umumnya untuk setiap satu sendok mayones mempunyai kandungan 1,5 gram lemak yang jenuh. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang dicampur dengan mayones dapat untuk membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit jantung karena meningkatnya kolesterol jahat atau LDL pada tubuh.

  1. Daging merah
Bahan selanjutnya yang biasanya dikonsumsi karena mempunyai rasa enak tetapi mempunyai kandungan lemak jenuh yang tinggi adalah daging merah. Daging yang berasal dari sapi dan domba sebaiknya dibatasi konsumsinya karena mempunyai kandungan lemak yang jenuh dengan jumlah banyak. Anda bisa mulai menghindari dan juga membatasi daging merah dari hewan tersebut terutama pada bagian rib eye, sirloin, dan juga tbone yang mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Apabila terus mengkonsumsi daging merah tersebut mempunyai efek samping buruk yaitu dapat untuk menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan penyakit stroke dan jantung.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog